Materi 4. Unusa dalam generasi Aswaja an-nahdliyah

https://unusa.ac.id/
Nama: Felysia Arifin
Prodi: D4 ANALIS KESEHATAN
Fakultas: Kesehatan
Asal: Sumenep

PENGERTIAN AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH
•Summah secara Bahasa adalah: Suatu jalan walaupun tidak dinidla. •• Sunnah secara Syara' adalah: Jalan yang dindlai (Allah) yang ditempuh dalam agama, yaitu yang ditempuh oleh Rasulullah s.a.w. dan yang lamnya, yang faham terhadap agama, dari kalangan para sahabat
•Sunnah secara Urf (tradisi), adalah: Suatu ajaran yang dikuti secara konsisten oleh para pengikut, baik nabi maupun wali. Dan istilah sunny adalah nisbat kepada sunnah.
•Jama'ah adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bersatu diatas kebenaran yang berdasarkan al-Qur'an dan Hadits, dan mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang setia mengikuti mereka (tab'un) walaupun jumlah mereka sedikit.
•Ahlus Sunnah wal Jama'ah adalah Golongan yang berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahanu dan mengamalkan Islam. Termasuk dalam golongan mereka para sahabat rosul, tabi'in, tabi'it tabi'in, kaum ulama sunnah dan para pengikut mereka (dan semua lapisan umat) sampai hari kiamat.

PENGERTIAN NAHDLATUL ULAMA':
Nahdlatul Ulama adalah sebuah organisasi agama Islam yang mengikuti paham Ahlus Sunnah wal Jama'ah dan terbentuk pada tahun 16 Rojab 1344/31 Januari 1926 di Surabaya, yang lahir dari pesantren, pendirinya adalah KH. Hasyim Asy'ari beserta para kyai yang lainnya seperti KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansun, KH. Ridwan Abdullah, KH. Mas Alwi Abdul Aziz, dan lain sebagainya.

I'tidal/TEGAK LURUS

Indal yaitu tegak lurus. Tidak condong kekanan maupun ke kiri atau berlaku adil dan tidak berpihak kecuali pada yang benar. Sikap i"tidal berkaitan erat dengan sikap tawassuth. Pendapat dari KH Aqil Siradj. menyatakan baliwa tidal (tegak lurus atasu berlaku adil) mi diaplikasikan dalam sikap kemasyarakatan yang selalu berlaku adil antara kelompok kaya dan kelompok miskin, antara kelompok mmontas maupun mayoritas. Puncaknya adalah terbentuknya sikap gotong royong dalam menegakkan keadilan.

AI ISNAADU MINAD DIIN

•Berguru dan memiliki sanad keilmuan adalah bagian dari agama Barang siapa yang belajar tanpa guru maka dia berguru kepada setan
•Sanad keilmuan sebagu ketersambungan silsilah keilmuan dari murid
•kepada sang guru


SOSIAL MEDIA

                  

Kunjungi link teman saya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi 1.UNUSA DALAM IMPLEMENTASI KAMPUS MERDEKA BELAJAR

Pelayanan kesehatan

materi 5. Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia emas