materi 5. Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia emas

https://unusa.ac.id/
Nama:Felysia Arifin
Prodi:D4 Analis Kesehatan
Fakultas: Kesehatan
Asal: Sumenep

PENEGUHAN NILAI-NILAL PANCASILA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL MENUJU INDONESIA EMAS

•Bonus&Tantangan Menuju Indonesia Emas

*Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa Indonesia sedang menerima bonus demograf dengan besarnya jumlah pendu duk yang pada masa usia produlinit, yaitu 15 hingga 64 tahun meningkat. Bonus demografi ini akan memuncak sekitar pada tahun 2030 dimana komposisi penduduk Indonesia pada tahun tersebut akan didominasi oleh kelompok usia produktif.
*Tantangan yang dihadapi oleh Indonesia dalam memper stapkan bonar demograf Int juga cukup besar Salah satunya adalah masulaya paham radikalisme & ideologi and Pancasila di Indonesia

Yang harus dilakukan.

Menggali kembali makna nilai-nilai dari Pancasila sebagal pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045

Selain itu, pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila akan menjadi tameng yang cukup at utal menangkal pahampaham radikalisme 

Pancasila dan Pembangunan

°Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai nilai Pancasila.
°Pembangunan Nasional adalah untuk menusia Indonesia, di mana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
°Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat, manusia tidak hanya mengutamakan tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebahagiaan spritual

Pancasila dan Pembangunan (Cont...)

•Manusia memiliki fungsi monodualistis, tidak hanya mengejar kepentingan dunia tetapi mendapatkan kebahagiaan di akhirat kelak.
•Oleh sebab itulah pembangunan nasional hendaklah menwujudkan tujuan tersebut.
•Keberhasilan manusia mencapai tujuan dan hakekat hidupnya untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin maka manusia menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
•Sila-sila demi sila menunjukkan sistem etika dalam pembangunan Iptek

Pembangunan yang arah nilai-nilai kemanusiaan sebagai "core values"

Pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai-nilai budaya inti(core values) yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilial dan pranata social sejalan dengan. perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan.


SOSIAL MEDIA

                  

Kunjungi link teman saya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

materi 1.UNUSA DALAM IMPLEMENTASI KAMPUS MERDEKA BELAJAR

Pelayanan kesehatan